Minggu, 12 April 2009

Yesus adalah Allah

Yesus adalah Allah

Shalom...

Untuk "saudara-saudara kita" saksi yehuwa/yehova, dan buat saudara-saudara seiman yg percaya Yesus adalah Allah, dan untuk siapapun di luar sana.



Suatu hari saya dikunjungi 2 org "saudara2 kita" dari saksi yehuwa/yehova di rumah saya. Singkat cerita kami mulai terlibat di dalam perdebatan tentang ke-Allah-an Yesus. Mereka mengklaim berdasarkan surat Kolose 1:15 ( Ia adalah gambar Allah yg tidak kelihatan, yg sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan ) bahwa Yesus adalah salah satu ciptaan Allah/Yehuwa ( berdasarkan kalimat yang saya ketik tebal ) dan bahwa Yesus dan Allah tidaklah sama.

Kemudian saya mulai menyatakan satu statement kepada mereka begini: "Jika menurut anda Yesus bukanlah Yehuwa ( dan itu berarti yang mati buat saya di kayu salib adalah Yesus dan bukan Yehuwa ), maka saya tidak akan menyembah Yehuwa anda, tetapi saya akan tetap menyembah Yesus, kenapa? Karena yang mati buat saya adalah Yesus, bukan Yehuwa anda! Itu berarti yang mencintai saya adalah Yesus, bukan Yehuwa anda! Jadi saya akan menyembah Allah yang telah mati di kayu salib itu, siapapun namanya. Karena Ia yg telah menyerahkan nyawanya buat saya. Lalu mereka pergi meninggalkan saya.

Begini penjelasannya: Jika Yehuwa/Allah berkata bahwa Ia mengasihi saya dan anda ( Yoh 3:16 ), namun Ia mengutus orang lain utk mati bagi kita guna menebus dosa kita, maka saya akan berkata allah macam apa yg seperti itu? Apakah anda mau punya allah seperti itu? Masakan Dia mengorbankan orang lain atau ciptaanNya utk membuktikan cintaNya pada kita? Itu artinya sama dgn ketika saya berkata kpd kekasih saya bahwa saya mencintai dia, lalu kemudian saya mengirim orang lain di tengah hujan badai utk menjemput dia pulang dr tempat kerjanya! Harusnya saya yg menjemput dia, bukan orang lain. Artinya apa yg saya ucapkan tidak sama dgn apa yg saya lakukan. Namun beruntung tidak demikian halnya dgn Tuhan kita Yesus, jikalau Ia mengatakan bahwa Ia mengasihi kita dan bahwa Ia adalah sahabat kita yg rela memberikan nyawanya bagi sahabatNya ( Yoh 15:13 ) maka Ia membuktikan perkataanNya atau cintaNya itu kpd kita dgn menyerahkan Dirinya Sendiri ( perbuatanNya sama dgn perkataanNya ) utk mati bagi kita, menebus semua dosa dn kelemahan kita! ( bukan mengutus org lain, nabiNya atau utusanNya bahkan anakNYa sekalipun, jika Anak tdk sama dgn Bapa ). Saudara, Allah model spt inilah yg akan saya sembah! Bukankah saudara juga?

Mari kita lihat lebih teliti lagi dari Kolose 1:15 ( Ia adalah gambar Allah yg tidak kelihatan.. dst ), ayat ini berarti begini: ke-Allah-an Yesus memang tdk kelihatan, atau tersembunyi, atau tidak disingkapkan secara jelas, karena itu adalah salah satu rencana besarNya, yg tersembunyi, yg agung, ajaib dan dahsyat. Rencana yang mempunyai tujuan dn maksud diluar jangkauan pikiran manusia dan hanya utk kemuliaan Allah saja. Itulah sebabnya Ia selalu menyebut Dirinya adalah Anak Allah dan tidak pernah Ia secara terang-terangan berkata bahwa Ia adalah Allah ( kecuali dlm Yoh: Aku dan Bapa adalah satu ). Pertanyaannya adalah kenapa Ia berbuat demikian? Jawaban saya sederhana: Karena tugas atau pekerjaan utk menyingkapkan bahwa Yesus adalah Allah adalah tugas dan pekerjaan Roh Kudus ( spy tdk ada org yg sombong, dgn berkata bahwa ia dapat mengenal Allah karena kepandaiannya atau pengertiannya sdri ). Jadi kalau Yesus langsung menyingkapkan bahwa Ia adalah Allah secara terang-terangan, maka Roh Kudus akan nganggur, dan tidak perlu lagi Yesus mengirim Roh Kudus karena semua sudah jelas dan semua rencanaNya yg agung tadi akan berantakan. Jadi Roh Kudus dikirim oleh Yesus utk memimpin kita kpd seluruh kebenaran ( Yoh 16:13 ), termasuk menyingkapkan bahwa Yesus adalah Allah. Artinya tdk mungkin siapapun dpt berkata atau mengenal Yesus adalah Allah kalau bukan karena Roh Kudus.

Kesimpulannya: Yesus adalah Allah sendiri! Ia mengasihi kita dn itu dibuktikanNya dgn menyerahkan nyawaNya sebagai tebusan bagi dosa-dosa kita. Serahkanlah hidupmu kpd Tuhan Yesus mk Ia akan menyelamatkan engkau.

Yesus berkata: "BARANG SIAPA PERCAYA KEPADAKU, IA AKAN HIDUP WALAUPUN IA SUDAH MATI". PERCAYALAH KEPADANYA!


Jonathan ministry
Jl. Tambak Adi 39 Surabaya
031 6048 8380, 081 851 5931
progen_sby@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar