Selasa, 21 April 2009

Gereja anda tidak lebih hebat dari Gereja lain!

Tema: "Gereja anda tidak lebih hebat dari Gereja lain!"

Saya masih sering mendengar ada pernyataan2 diantara saudara2 seiman kita, yaitu umat kristiani yang saling mengagungkan gerejanya masing2 sembari mendiskreditkan( mengecilkan bahkan cenderung menghina) gereja yang lain.Saya sedih ketika saya mendengar akan hal itu.Kenapa masih saja ada orang2 yang mendiskreditkan gereja yang lain,hanya karena orang tersebut tidak beribadah atau berjemaat di gereja tersebut.Padahal gereja yang diskreditkan tersebut adalah notabene saudaranya sendiri.Bukankah semua orang kristen bersaudara? bukankah semua gereja juga bersaudara? atau apakah hanya orang2 yg se-gereja dg anda saja yg boleh anda sebut sebagai saudara?

Yesus mengajarkan bahwa gereja adalah tubuhNya,dan Yesus sebagai kepala dari tubuh itu,artinya bahwa gereja yang satu dengan gereja yang lain adalah satu tubuh( lihat kasus dlm Alkitab 1 KOR 3:4-9).Jadi kalo ada gereja atau jemaat gereja yang satu mendiskreditkan gereja atau jemaat gereja yg lain maka sebenarnya ia sedang mendiskreditkan tubuhnya sendiri ( gerejanya sendiri ).Kalo ada gereja atau jemaat gereja membuka aib atau kejelekan dan kekurangan gereja yang lain maka sebenarnya mereka sedang membongkar aib mereka sendiri (1 KOR 12:26).Bukankah seharusnya kita malu berbuat demikian? Kejelekan mereka adalah kejelekan kita, dan kehormatan mereka adalah kehormatan kita juga! Jika kita saling mengolok, hal itu seumpama seperti sebuah tangan yang sedang menghina sebuah kaki dengan berkata: "Hai kaki,kamu tidak seperti aku.Kamu jorok karena selalu menginjak tanah yg kotor.Sementara aku selalu ada diatas,aku selalu memegang benda2 yg bersih,seringkali dicuci sebelum makan,dan dipakai utk bersalaman dengan orang2 hebat,bahkan aku dipakai utk menyembah Tuhan.Masa nyembah Tuhan pake kaki.".Lalu kemudian sang kaki tidak mau kalah, ia menjawab tangan, katanya: "Aku tidak kalah hebat dengan kamu,coba kalau tidak ada aku, kamu tidak akan dapat berdiri untuk menyembah Tuhan,apalagi berjalan.Kamu tidak akan bisa kemana-mana tanpa aku.Bukankah selama ini aku yg menopang kamu! Emang bisa jalan pake tangan? ( 1 KOR 12:12-27 )

Begitulah gambaran dari orang2 yg saling memperbandingkan gereja yang satu dgn yang lain,padahal mereka adalah satu tubuh dan merupakan saudara dalam Kristus.Ada gereja yang berfungsi sebagai mata,ada yg berfungsi sebagai tangan,kaki,telinga,mulut,dan lain2.Ada gereja pantekosta,protestan,karismatik,apostolik,profetik,dan lain2.Dan mereka semuanya sama penting dan berharganya di mata Tuhan.Jadi kita tidak berhak menghina satupun dari mereka dengan mengatakan gereja kita lebih benar atau lebih hebat dari gereja lain atau aliran kita lebih sempurna dari aliran gereja lain, karena kita saling membutuhkan satu sama lain,sama seperti tangan membutuhkan kaki,kaki juga membutuhkan tangan,dan seterusnya.Jikalau kita menghina atau mendiskreditkan sebuah gereja atau jemaat gereja tertentu maka kita juga sedang menghina kepala dari gereja tsb,siapakah dia yaitu Tuhan sendiri. Beranikah anda menghina Tuhan? Jadi kalau ada gereja yang lemah,maka gereja yang lain yang merasa lebih kuat harus menguatkan gereja yg lemah tersebut (ROMA 15:1-2).Dengan demikian kita akan menguatkan seluruh tubuh itu dengan sendirinya, dan menguatkan gereja kita sendiri juga pada akhirnya..

Lalu bagaimana dengan fakta bahwa ada hamba2 Tuhan(gereja) yang tidak senang dengan kehadiran anggota tubuhnya yang lain didekatnya( baca: gereja baru yg akan dibuka di dekat gereja itu)??? Saudara sudah tahu jawabannya.

Maka dari itu saudara,daripada kita menjelek-jelekkan suatu gereja,bukankah sebaiknya kita berdoa bagi gereja tersebut agar supaya gereja tersebut menjadi sempurna.Maka pujian yg datang dari Tuhan, akan dikaruniakan kepada kita,amin.


Shalom
Ev.Jonathan Elmi (jonathan ministry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar