Minggu, 12 April 2009

Masalah adalah Berkat

Masalah adalah berkat, banyak masalah banyak berkat, sedikit masalah sedikit berkat…….

Shalom...

Saudara, sebenarnya Tuhan tdk pernah memberi masalah, masalah berasal dr kita dan dari iblis. Ketika kita lengah, iblis mengambil kesempatan dgn memasukkan masalah dlm hidup kt. Sebagai contoh, Adam dan Hawa; Tuhan tdk pernah memberi masalah kpd mereka, malahan Tuhan memanjakan mereka dgn menyediakan semua kebutuhan mereka tanpa harus bersusah payah terlebih dahulu. Tetapi pada saat mereka lengah iblis datang dan menghasut mereka agar memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yg baik dan yg jahat. Dan mereka memakannya sehingga mereka jatuh dalam dosa ketidaktaatan, ( yg membuat mrk berdosa bukan karena buah yg mereka makan, tetapi dlm hal ketidaktaatan karena mrk melanggar perintah Tuhan yg telah melarang mereka makan buah itu ) dan sejak saat itulah mereka harus menghadapi masalah bahkan sampai kpd keturunan mereka pun yaitu anda dan saya tdk luput dari masalah. Kej 3:16,17.

Meski Tuhan tdk pernah memberi masalah namun tidak jarang Tuhan seringkali mengijinkan kt mengalami masalah. Tetapi Allah memiliki tujuan2 tertentu yg kadang2 tdk dpt kt mengerti ( Yes 55:8 ). Namun satu hal yg pasti bahwa Allah tdk pernah bermaksud menghancurkan ataupun mencobai kita ( Yak 1:13 ). Ketika kita sdg menghadapi suatu masalah Tuhan seringkali tidak menyingkirkan masalah itu dari kehidupan kt tetapi Ia akan memberikan kekuatan kpd kt utk menghadapi dan menyelesaikan masalah tsb ( Yoh 17:15 ). MaksudNya adalah spy kt selalu mengandalkan Dia dalam segala situasi dlm hidup kt.

@ Masalah tdk dpt membunuh anda, anda yg dpt membunuh diri anda sendiri!

Anda memiliki keputusan, keputusan anda menentukan hidup anda. Dengan keputusan yg anda buat anda dapat membunuh diri anda sendiri dan kehidupan anda atau sebaliknya. Apakah anda mau menyerah atau tidak, apakah anda mau putus asa atau tdk, apakah anda mau berhenti atau tdk, apakah anda mau bercerai dgn istri/suami anda atau tdk, apakah anda mau bunuh diri atau tdk, dsbnya, semua keputusan di tgn anda. Jika anda memutuskan bahwa masalah yg anda hadapi tdk akan dpt membunuh anda mk masalah itu tdk akan dpt membunuh anda, demikian jg sebaliknya. Bahkan penyakit seberat apapun tdk pernah dpt membunuh kita. Manusia mati bukan karena penyakit, atau yg lain, manusia mati karena kehendak Tuhan. Tuhan yg menentukan kematian seseorang dan bukan penyakit! Penyakit hanya alat. Tetapi yg menjadi pertanyaan adalah mengapa Tuhan mengijinkan masalah, penyakit, atau kelemahan, terjadi dlm hidup kt?

1) Tuhan mengijinkan kt mengalami masalah utk membentuk mental dan karakter kita menjadi mental dan karakter seorang pemenang:

Kita memang diciptakan utk menjadi pemenang. Tetapi tidak ada pemenang tanpa peperangan, tidak ada piala tanpa perlombaan, dan tidak ada piagam tanpa pertandingan. Demikian jg tidak bisa ada peperangan tanpa musuh, tdk bisa ada pertandingan tanpa lawan, masakan kt berperang sdr, atau bertanding sdr? Oleh sebab itu Tuhan memberikan kita sparing partner , atau musuh atau lawan yaitu iblis ( itulah sebabnya Tuhan membiarkan iblis di bumi, tanpa iblis ada di bumi kt tdk akan pernah mjd pemenang karena tdk ada musuh! ). Tanpa musuh tdk ada kemenangan, tanpa kemenangan tdk ada sorga! Karena sorga hanya diberikan bagi org2 yg menang! Wahyu 2:11, 17, 26; 3:5, 12, 21 dst. Seorang pemenang adalah org yg menang terhadap peperangan, pertandingan maupun perlombaan. Orang yg menang terhadap lawan atau musuh. Demikian jg masalah yg kt hadapi adalah medan peperangan bagi kt. Tuhan mengijinkan kt mengalami masalah/peperangan supaya mental kita terbentuk, mental seorang pahlawan, yg siap berperang, tdk takut perang dan tdk mudah menyerah. Karena mental pahlawan sgt dibutuhkan bagi peperangan kt saat ini. Seorang tentara selalu berlatih setiap hari agar memiliki mental pahlawan sehingga selalu siap bila ada perang, apalagi jk mrk tahu sebentar lagi bakal ada perang, atau sebentar lagi mereka akan dikirim ke Irak, bukankah mrk akan berlatih lebih byk lg, spy pulang ke Indonesia dgn selamat? Demikian jg kita, kt adalah tentaraNya Allah yg harus terlatih karena peperangan kt di depan panjang dan membutuhkan perjuangan yg serius, keteguhan hati, ketekunan, dan iman yg kuat, sebab musuh kita bukan darah dan daging. Musuh kt adalah iblis dan antek2nya yg siang malam selalu menunggu kelengahan kt ( 1 Pet 5:8 ). Tidakkah kt jg ingin pulang ke surga dgn selamat?

Oleh sebab itu kt harus terlatih dan berlatih dan salah satu ajang latihan yg Tuhan ijinkan kt alami adalah masalah. Kt tdk dpt menjadi pemenang tanpa menghadapi masalah, kt tdk dpt menjadi pemenang tanpa musuh. Masalah adalah musuh kita. Oleh sebab itu hadapilah masalahmu, hadapilah perangmu dan jgn pernah lari dr padanya! Kita pasti bisa menang, karena kita lebih dari pemenang, kita diciptakan utk menjadi pemenang, dan hidup di dalam kemenangan, dan sekalipun di dalam kehidupan kita, kt bisa gagal dan kalah tetapi Tuhan tdk pernah menciptakan kt utk hidup di dalam kegagalan maupun kekalahan. Dia mati buat org gagal spy mrk tdk lagi hidup dlm kegagalannya. Dia jg mati buat org kalah spy mrk tdk lagi hidup di dalam kekalahan mrk. Tuhan mati bagi kita spy kita hidup dan berkemenangan! ( Yoh 10:10b ).

2) Sebagai ujian iman utk mempertajam senjata ( iman ) kita:

( 1 Yoh 5:4b,5; Dan inilah kemenangan yg mengalahkan dunia: iman kita! ) Iman harus diuji, spy iman itu bertumbuh dan sempurna. Tanpa masalah, persoalaan, godaan, dll iman kt tdk akan pernah teruji dan sempurna., iman akan teruji pd saat ada masalah, iman yg semakin teruji dan terasah akan menjadi senjata yg powerfull utk mengalahkan dunia. Iman adalah senjata utama kita, jika iman kt kuat, kuat pula senjata kt namun jika iman kt lemah maka lemah jg senjata kt. Jk kt berhasil menghadapi masalah maka iman kt naik ( senjata kt semakin tajam ), jk kt gagal iman kt turun ( tumpul ). Iman kt diasah oleh masalah, setelah diasah digunakan lagi utk mengatasi masalah yg kita hadapi. Begitu seterusnya sampai iman kt menjadi sempurna. Iman adalah kemenangan kita! Oleh sebab itu milikilah iman yg besar.


3) Membentuk orang lain:

Bisa jadi masalah yg kt hadapi adalah cara Tuhan utk menegur orang lain, bisa suami, istri, saudara, teman dan lain2. Contoh, ada seorang istri punya suami yg selingkuh dgn perempuan lain karena Tuhan hendak meminta perhatian dari sang istri supaya lebih sungguh2 dgn Tuhan, ada seorang suami punya istri menderita kanker karena Tuhan mau sang suami bertobat, karena sang suami belum percaya Tuhan. Dll. Jadi bisa kita yg mengalami masalah tetapi tujuannya utk orang lain dan bisa orang lain yg mengalami masalah tp tujuannya utk kita. Yang penting di sini, di dalam setiap masalah yg kita hadapi adalah kt mau introspeksi diri kt sdr, apa yg menjadi kesalahan kt dan apa jg yg menjadi rencana Tuhan bagi kt dan org lain di sekitar kt.

4) Untuk kemuliaan Allah:

Masalah dapat dipakai Tuhan sebagai alat utk mempermuliakan nama-Nya. Seseorang yg keluar dr banyak masalah krn pertolongan Tuhan akan lebih banyak mengucap syukur dr pada org yg keluar dr sedikit masalah. Orang yg tdk punya masalah mungkin akan mengucap syukur kpd Tuhan krn tdk punya masalah, tetapi orang yg mengalami banyak masalah dan berhasil keluar dr semua masalahnya itu akan lebih banyak lagi mengucap syukur kpd Tuhan. Dimana ada masalah belimpah-limpah disitu pertolongan Tuhan jg berlimpah-limpah, dimana ada pertolongan berlimpah-limpah di situ ada ucapan syukur yg berlimpah-limpah dan dimana nada ucapan syukur yg berlimpah-limpah disitu nama Tuhan dipermuliakan berlimpah-limpah juga. Tuhan mengijinkan kt mengalami masalah agar supaya kita dpt melihat kemuliaan Allah pada saat Ia menolong kt menyelesaikan setiap masalah kt tsb. Tuhan mengijinkan ada orang buta supaya ada mujizat mata dicelikkan, ada masalah ke-tuli-an mk ada mujizat pendengaran, ada masalah kelumpuhan mk ada mujizat kesembuhan, ada masalah kanker supaya ada mujizat kesembuhan dr kanker, dll, dan nama Tuhan dipermuliakan dari mujizat2 itu. Bila tdk ada masalah maka tdk ada mujizat, dan bila tdk ada mujizat nama Tuhan akan kurang dipermuliakan. Karena mujizat diadakan hanya utk kemuliaan Dia. Bila tdk ada masalah tdk ada kemenangan! Bila tdk ada kegagalan kt tdk akan tahu yg namanya kemenangan. Bila tdk ada peperangan tdk akan ada keberhasilan…..

@ Tuhan menciptakan kita utk menjadi seorang pemenang! ( Rom 8:37 )

Yesus berkata: “ Tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia!” ( Yoh 16:33 ) Yesus telah mengalahkan dunia, demikian jg kita karena kita adalah anak-anakNya! ( 1 Yoh 5:4: Sebab semua yg lahir dari Allah, mengalahkan dunia ) Manusia diciptakan serupa dan segambar dgn Allah, dan Yesus-lah prototype-nya. Jika Yesus menang kt jg menang. Sekarang waktunya bagi setiap kita utk hidup di dalam kemenangan, jgn mau lagi hidup di dalam kegagalan dan kekalahan. Ini waktu mu! Sekarang saatnya! Orang yg beriman dan taat pasti mengalami kemenangan. Tetapi org yg tdk percaya dan tdk taat tdk akan pernah mengalami kemenangan! Lakukan Firman Tuhan, lakukan apa yg Tuhan mau dari kita dan kita akan mengalami kemenangan demi kemenangan ( tapi didahului masalah demi masalahJ anda siap? ) 1 Kor 10:13, Flp 4:13.

Jonathan Ministry

Email/Yahoo messenger progen_sby@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar