Jumat, 27 Januari 2012

Teladan keberserah-an Yesus:

Yesus memperlihatkan kepada kita betapa Ia memiliki keberserahan yang mutlak kepada Bapa, keberserahan yang tanpa keraguan sedikitpun. Hal ini terlihat dan terpancar dari ucapan-ucapan maupun tindakan-tindakan-Nya. Keberserahan yang lahir dari suatu hubungan yang sangat kuat antara Ia dengan Bapa yang Ia sebut hubungan antara Bapa dan Anak. Hubungan yang begitu kuat sehingga manifestasi dari hubungan itu memaksa elemen-elemen dunia ini untuk tunduk kepada-Nya, bahkan kematian-pun tidak dapat memutuskan hubungan itu. Dan hubungan yang sangat kuat ini yang Tuhan hendak pulihkan di akhir jaman ini.
Yesus di dalam doa-Nya merindukan supaya kita menjadi satu dengan Diri-Nya sebagaimana Ia menjadi satu dengan Bapa. Hubungan yang intim yang pernah dialami oleh manusia pertama yaitu Adam, sebelum ia jatuh dalam dosa. Dan iblis tahu, ia tidak suka, ia iri dengan hubungan yang begitu intim antara Sang Pencipta dengan manusia sehingga ia berusaha untuk memutus hubungan itu dengan segala cara. Dan nampaknya untuk sementara waktu ia berhasil, sampai Yesus datang. Ketika Yesus datang Ia menjadi "jembatan" penyambung bagi hubungan indah yang pernah terjalin antara Sang Pencipta dengan ciptaan-Nya, pada awal penciptaan manusia supaya manusia-manusia akhir jaman dapat juga mencicipi dan bukan hanya mencicipi melainkan hidup di dalamnya. Sehingga manusia-manusia akhir jaman ini dapat memandang wajah Sang Pencipta dan memanggil-NYA dengan sebutan "BAPA" yang mengisyaratkan suatu hubungan yang sangat dekat dan kuat. Dalam hal ini bukan berarti bahwa kita adalah anak-anak secara lahiriah yang sering disalah-artikan oleh banyak orang.
Inilah yang menjadi salah satu misi Yesus datang ke dunia, yaitu untuk memulihkan hubungan ilahi antara Sang Pencipta dengan manusia yang sudah sekian lama rusak oleh dosa. Mengembalikan hubungan itu kepada keadaan yang semula, yang dekat dan lekat sampai image dan kemuliaan Bapa itu termanifestasi dalam kehidupan kita dan sampai kemuliaan Yesus menjadi nyata atas kita. Sehingga kita menjadi saksi dan bukti dari pemulihan hubungan itu dan membawa orang-orang di sekitar kita untuk juga masuk dan mengalami pemulihan hubungan itu sendiri serta pemulihan identitas kita, siapa manusia di hadapan Tuhan Sang Pencipta dan siapakah Tuhan dalam hidup kita.
Supaya semua orang dapat memahami betapa lebarnya, tingginya dan dalamnya kasih Kristus itu kepada kita. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar